Senin, 31 Oktober 2011

RIYA' (syirik kecil)

Perbuatan riya' itu termasuk salah satu perbuatan yg mengandung dosa besar. Karena perbuatan riya' dapat merusak amal-amal ibadah kepada Allah, baik berbentuk shalat maupun dalam bentuk infak dan dalam bentuk-bentuk lain.

ALASAN MENUNJUKKAN BAHAYA RIYA'

1 Riya dpt menghilangkan nilai pahala shadaqah atau infaq. Allah berfirman dlm surat Al Baqarah ayat 264: "Wahai orang-orang yg beriman,janganlah kalian menghilangkan (pahala) sedekah kalian dgn menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), sebagaimana orang yg menafkahkan hartanya karena riya' kepada manusia dan ia tidak beriman kepada Allah dan hari akhirat.

2 Riya' dpt melalaikan dalam mengerjakan shalat, dimana ia shalat tetapi tidak mengerti tentang shalat karena riya',orang orang seperti itu tergolong orang yg celaka. Allah berfirman dlm surat al Maa'uun ayat 4-7:
"Maka celakalah bagi orang-orang yg mengerjakan shalat (yaitu) orang-orang yg lalai dari shalatnya, orang-orang yg berbuat riya' dan enggan menolong dengan barang berguna"

3 Riya dpt menghilangkan nilai pahala semua amal dan dapat memasukkan pelaku riya' itu ke dalam neraka

4 Riya dpt menghalangi untuk mendapatkan harumnya surga nanti pada hari kiamat, yang dikarenakan mencari ilmu hanya untuk mencari kedudukan dan kekayaan saja.
Rasulullah bersabda dlm sebuah hadistnya yg diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dari Abu Hurairah ra: "Barangsiapa yg mencari ilmu pengetahuan yg semestinya hanya ingin mendapat ridha Allah'Azza Wa Jalla, tetapi ia tidak mencarinya kecuali karena ingin mendapatkan kedudukan dunia, maka ia tidak akan memperoleh harumnya surga nanti pada hari kiamat"

Berdasarkan firman Allah dan hadist Rasulullah diatas, maka yakinlah kepada suatu pengertian bahwa riya' adalah suatu bentuk amalan yg sangat merugikan, nilai pahalanya tidak diakui oleh Allah dan tidak diberi suatu balasan melainkan akan dimasukan dalam neraka. Karena itu riya' harus dibuang jauh-jauh dari tingkah laku sehari-hari, baik tingkah laku dalam pengakuan, perkataan maupun dalam bentuk sikap-sikap yg lain

2 komentar: